sore di pantai pancer door, Pacitan, Jawa Timur

November 15, 2017


Sore itu seperti biasa, suasana Kota Pacitan sedang sangat cerah dan menyejukkan. Biru nya langit berbaur dengan sinar senja yang temaram membuat saya beranjak dan ingin segera menghabiskan sore di tepian pantai. Saya pun bergegas mengambil sepatu, telpon gengam, dan segera melangkahkan kaki untuk berlari menuju ke Pantai Pancer. Tempat ini memang menjadi favorit saya untuk menghabiskan sore sembari berolahraga.

Pancer Door atau juga biasa disebut Pantai Pancer adalah salahsatu obyek wisata di Kota Pacitan yang ramai dikunjungi wisatawan di sore maupun pagi hari. Secara administratif, Pantai Pancer terletak di Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini berada di sisi paling timur teluk Pacitan dan berbatasan dengan Pantai Teleng Ria. Selain keindahan alamnya, pantai yang langsung menghadap Samudera Hindia ini juga memiliki fasilitas pendukung seperti bumi perkemahan, area pacuan kuda, taman terbuka hijau, skate park, dan etalase geopark yang menjadikan nya semakin menarik untuk dikunjungi. Bagi para wisatawan yang hobi berselancar, pantai ini juga menjadi salahsatu alternatif spot surfing yang patut untuk dicoba.

Aksesibilitas :
Lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Pacitan, kurang lebih sekitar 5-10 menit menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan sangat bagus dan terdapat tempat parkir yang sangat luas. Tiket retribusi untuk memasuki kawasan wisata Pantai Pancer hanya dibebankan ketika akhir pekan saja (Sabtu & Minggu) khususnya para wisatawan luar wilayah Pacitan.

spot surfing di pantai pancer door

Rute menuju lokasi (dari Kota Pacitan) :
  • Perempatan Cuwik (jl. W.R. Supratman) - Lapangan Auri Pacitan - Arah pintu masuk Pantai Teleng Ria (jl. Pramuka) - Belok kiri/ timur sebelum pintu masuk Pantai Teleng Ria - Lurus ikuti jalan - Pantai Pancer

  • Perempatan Cuwik - ke Timur (jl. K.H. Wakhid Hasyim) - Jalan KH. Ahmad Dahlan – Pantai Pancer 



suasana sore di bibir pantai pancer door

Waktu terbaik untuk berkunjung :
Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi obyek wisata ini. Pagi hari, para wisatawan dapat menikmati indahnya sunrise di tepian pantai. Sinar matahari yang menghangatkan tubuh dan udara pagi yang cerah akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Sore hari, para wisatawan dapat menikmati sunset sembari berolahraga ataupun sekedar bencengkrama bersama keluarga. Terdapat aneka jajanan dari para pedagang kaki lima keliling yang menjajakan makanannya di sekitar kawasan pantai. Selain itu para wisatawan juga dapat menggunakan fasilitas skate park maupun area bumi perkemahan untuk berolahraga. Meskipun cocok untuk menikmati sunset namun pemandangan matahari di pantai ini terhalang oleh bukit yang berada di sebelah barat, sehingga kita tidak akan menjumpai pemandangan matahari yang tenggelam secara sempurna hingga bawah.

salah satu sudut pantai pancer dengan fasilitas gazebo

Spot wisata terdekat lainnya :
Etalase Geopark, Pacuan Kuda, Pantai Teleng Ria


You Might Also Like

1 komentar

  1. This is really a nice post, that you have updated us with all of nice information that can be very useful for future...แทงหวยชุดลาว

    ReplyDelete

Subscribe