Sendang Ngembel, Pajangan, Bantul

April 14, 2015


Sendang Ngembel, Pajangan, Bantul
Sendang Ngembel

Altar di tengah sendang
Senin siang tanggal 6 April kemarin saya iseng jalan-jalan ke Sendang Ngembel. Sendang ini dulunya kurang terawat dan tidak begitu diperhatikan oleh masyarakat sekitar. Namun ketika demam media sosial mulai merebak, pesona sendang ini pun mulai banyak menarik perhatian wisatawan. Hingga pada akhirnya mendapat bantuan dari pemerintah (PNPM Mandiri) untuk kegiatan pembangunan infrastruktur dan baru saja diresmikan bulan Februari lalu. Kini, Sendang Ngembel sudah mulai bersolek diri. Berubah dari kesan mistis menjadi lebih elegan dan terawat. Perekonomian masyarakat sekitar pun sedikit terbantu dengan hadirnya wajah baru dari Sendang Ngembel.










Tampak samping
Sendang Ngembel secara administratif terletak di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul. Sendang ini berbentuk lingkaran dengan sebuah altar yang berada di tengahnya. Disekeliling sendang terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bersantai sembari menikmati suasana sendang yang rindang dan cukup tenang ini. Infrastruktur di obyek wisata ini tergolong cukup lengkap meskipun masih baru. Mulai dari kamar mandi, tempat parkir, gazebo, tempat sampah, warung-warung, pendopo dan mushola. Spot favorit para wisatawan untuk berfoto ketika mengunjungi Sendang Ngembel berada di tengah altar atau di jalan menuju altar. Obyek wisata ini tergolong kecil dan tidak terlalu luas. Namun tidak ada salahnya masuk ke dalam daftar wisata anda di akhir pekan, sekedar untuk melepas kepenatan dari hiruk pikuk kota jogja. Bercengkrama bersama keluarga di sekitar sendang sembari menikmati rindangnya pedesaan.




Aksesibilitas :
Sendang Ngembel ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalan sudah cukup bagus dan beraspal namun tidak terlalu lebar.

Rute menuju lokasi (dari bantul) :
  1. Perempatan Masjid Agung Bantul (ke barat) – Pabrik – Pertigaan (ambil kiri) – Perempatan Jonggrangan (ambil kanan/barat) – Petigaan (ambil kiri arah Rutan Pajangan) - Pertigaan Rutan Pajangan (ambil kiri) – Kapel Rosari – Pohon Beringin – Sendang Ngembel.
  2. Perempatan Masjid Agung Bantul (ke barat) – Pabrik – Pertigaan (ambil kiri) – Perempatan Jonggrangan (ambil kanan/barat) – Pertigaan (ambil kiri arah Rutan Pajangan) - Pertigaan Rutan Pajangan (ambil kanan) – Melewati Rutan Pajangan - Jalan mulai menanjak – Sekolahan (kiri jalan) – Pertigaan kecil ke arah kiri (ada papan petunjuk menuju sendang ngembel – Ikuti jalan berbatu – Sendang Ngembel.
  3. Koordinat Sendang Ngembel < klik di sini


*NB : (Lihat denah jika bingung)

Waktu terbaik untuk berkunjung :
Waktu terbaik untuk berkunjung ke obyek wisata ini adalah pagi hari atau menjelang sore. Ketika pagi, cuaca masih cerah, udara segar, dan tentunya obyek wisata ini masih cukup sepi. Sehingga pengunjung dapat leluasa untuk berfoto dan menikmati suasana sendang. Namun warung-warung di sekitar kawasan tentu masih belum buka, kecuali akhir pekan.

Spot wisata terdekat lainnya :
Jurang Pulosari, Curug Banyu Nibo, Desa Wisata Krebet, Desa Wisata Mangir


Peta Wisata



You Might Also Like

7 komentar

  1. keren di foto nya sih mas, tapi pas kesana malah banyak akamsi [anak kampung sini] ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang begitu mas. masih dalam tahap pengembangan juga. semoga akamsi tidak mengganggu pengunjung. hehe

      Delete
  2. kira-kira berapa harga ongkos dari jogja ke situ ka
    rental mobil jogja

    ReplyDelete

Subscribe