5 Kawasan Wisata Pinus yang wajib anda kunjungi bila berlibur di Jogja

January 06, 2018

Spot Foto di Obyek Wisata Pinus Bukit Lintang Sewu
Kawasan hutan pinus di daerah Imogiri kini mulai menjadi primadona wisata Jogja ketika musim liburan tiba. Keindahan, kesejukan, dan banyaknya spot-spot foto unik kekinian membuat kawasan tersebut menjadi tujuan utama para wisatawan. Jarak antar obyek wisata satu dan lain nya pun cukup berdekatan, sehingga memudahkan para wisatawan untuk memilih dan mejelajahi keunikan tiap obyek wisata. Sebut saja Wisata Seribu Batu Songgo Langit, Hutan Pinus Asri, Pintu Langit Dahromo, Bukit Lintang Sewu, hingga Puncak Becici, semua obyek wisata tersebut berada dalam satu jalur dan saling berdekatan satu sama lain.

Sejak pagi hari, ribuan wisatawan dari berbagai daerah dengan ratusan kendaraan pribadi maupun umum mulai melintasi jalan imogiri timur. Kemacetan dan antrian panjang pun mulai terjadi di jalan arah imogiri – dringo. Terlihat dari kejauhan, beberapa mobil mulai menepi keluar dari antrian dan membuka kap depannya. Kondisi jalan imogiri – dlingo memang cukup berkelok dan menanjak. Butuh tenaga dan kecekatan lebih bagi para wisatawan yang memang belum terbiasa. Tentunya juga harus didukung dengan kondisi dan performa kendaraan yang prima. Bagi kalian yang ingin berwisata ke daerah imogiri, saya sarankan untuk datang lebih pagi.

1. Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Sesuai dengan namanya, pada obyek wisata ini terdapat banyak sekali bebatuan besar yang menjadi ciri khas tersendiri dan membedakan nya dengan obyek wisata skitar lainnya. Tempatnya sangat luas dan terdapat cukup banyak spot berfoto. Salah satu spot foto paling diminati adalah rumah dari tumpukan ranting kayu dan juga rumah “the hobbit” yang dibuat sedemikian rupa sehingga mirip seperti dalam film. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba wahana flying fox ataupun berjalan menuju puncak dan melihat pemandangan perbukitan dari atas.
Salah satu spot favorit Wisata Seribu Batu Songgo Langit

2. Pinus Asri
Pinus Asri atau lebih familiar dengan sebutan Hutan Pinus Mangunan, merupakan obyek wisata hutan pinus yang pertama kali ada jauh sebelum obyek wisata sekilar lainnya ada. Terdapat banyak spot foto menarik, tempat bersantai, hammock, hingga panggung alam yang dapat dimanfaaatkan untuk berbagai macam acara. Selain sebagai destinasi wisata, kawasan ini juga kerap kali dipilih untuk kegiatan foto pre-wedding maupun pembuatan video klip. Fasilitas di kawasan ini tergolong yang paling lengkap bila dibandungkan dengan lokasi wisata disekitarnya lainnya.
Panggung alam terbuka di Pinus Asri

3. Pintu Langit Dahromo
Sesuai dengan namanya, obyek wisata satu ini memang mulai digandrungi karena spot fotonya yang cukup unik. Perpaduan antara bangunan kayu berupa pintu terbuka dengan latar pemandangan hamparan perbukitan hijau dari atas ketinggian membuat siapapun yang foto di sini akan merasa terpesona dengan keindahan alamnya. Selain spot foto favorit berupa pintu, terdapat juga beberapa spot lain yang tidak kalah indah di kawasan wisata Pintu Langit Dahromo ini.
Spot Foto Pintu Langit Dahromo

Spot Foto Piano di Pintu Langit Dahromo

4. Bukit Lintang Sewu
Sama halnya dengan Pintu Langit Dahromo, obyek wisata ini juga tetap menjadikan spot foto buatan sebagai andalan untuk menarik minat wisatawan. Salah satu spot favorit di Bukit Lintang Sewu adalah bangunan berupa gapura yang menghadap lurus ke Utara dengan latar belakang Gunung Merapi yang gagah dan begitu menawan.
Spot Foto utama di Bukit Lintang Sewu

5. Puncak Becici
Puncak Becici merupakan salah satu obyek wisata alam yang menawarkan pemandangan indah dari atas ketinggian. Para wisatawan dapat menikmati sejuknya pepohonan pinus yang dipadukan dengan pemandangan pedesaan dari atas bukit. Ketika berada di puncak ini, kita akan dimanjakan dengan hijaunya perbukitan di wilayah Bantul dan sekitarnya dengan pandangan yang sangat luas dan terbuka. Baca artikel Obyek Wisata Puncak Becici dengan klik di sini à Obyek Wisata Puncak Becici
Spot foto di atas Pohon, Puncak Becici 

Aksesibilitas :
Akses untuk menuju 5 obyek wisata diatas cukup mudah. Terdapat banyak papan petunjuk di seputaran jalan imogiri – dlingo untuk memudahkan para wisatawan. Kondisi jalan menanjak dan berkelok namun dapat dilalui baik dengan mobil maupun bus pariwisata. Kawasan parkir pun tersedia pada masing-masing obyek wisata dan selalu dikoordinir dengan baik oleh para pengelola.

Rute menuju lokasi dari Jogja :
Terdapat 2 rute untuk menuju lima obyek wisata di kawasan hutan pinus.
-          Rute 1 :
Kota Jogja – Jalan Imogiri Timur – Pasar Imogiri – Pertigaan Kantor Kecamatan Imogiri (ambil kiri) – Lurus – Lapangan Imogiri – Pertigaan makan raja (ambil kanan arah kebun buah mangunan) – jalan imogiri dlingo – Pertigaan Puncak Mangunan (ambil kiri, lihat papan petunjuk) – Wisata Seribu Batu Songgo Langit – Wisata Pinus Asri – Wisata Pintu Langit Dahromo – Wisata Bukit Lintang Sewu – Wisata Puncak Becici.
( Rute ini cocok bagi para wisatawan dari arah jogja yang memilih hutan pinus sebagai destinasi pertama pada hari tesebut, kemudian baru melanjutkan untuk berwisata ke daerah lain )

-          Rute 2 :
Jalan Jogja Wonosari – Pertigaan Pos PJR Patuk/ Koramil 03 Patuk (ambil kiri) – jalan dlingo patuk – Wisata Alam Watu AmbenWisata Pinus Pengger – Pertigaan Becici – Arah kanan ke Wisata Puncak Becici – Arah kiri ke Wisata Pintu Langit Dahromo -  Wisata Bukit Lintan Sewu – Wisata Pinus Asri – Wisata Seribu Batu Songgo Langit.
( Rute ini cocok bagi para wisatawan dari arah Gunung Kidul/ Wonosari yang ingin melanjutkan wisatanya ke hutan pinus )



Waktu terbaik untuk berkunjung :
Seluruh kawasan wisata diatas sangat cocok dikunjungi kapanpun. Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus, disarankan datang pada pagi hari (sunrise) dan sore hari (sunset) untuk spot-spot foto tertentu. Pada spot foto di Gapura Bukit Lintang Sewu, saya lebih memilih datang pada saat pagi hari. Sinar matahari dengan latar Gunung Merapi akan nampak sangat pas dengan gapura seperti pada foto di atas. Sedangkan untuk  spot foto di  atas pohon Puncak Becici maupun di Pintu Langit Dahromo, saya lebih memilih datang pada sore hari. Warna langit sore kemerahan ditambah sunset yang merona akan menabah indah background di kedua spot foto tersebut.
 
Hutan Pinus Asri
Spot wisata terdekat lainnya :

Pinus Pengger, Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelekan, Tebing Watu Mabur, Bukit Mojo Gumelem, Bukit Panguk Kediwung.

You Might Also Like

10 komentar

  1. bagus banget cocok buat liburan sama temen temen
    tourjogja

    ReplyDelete
  2. Wisata Seribu Batu Songgo Langit objeknya apa

    ReplyDelete
  3. I was looking for this information and I got it here,so that I always get the information here what I am looking for.แทงสล็อต

    ReplyDelete
  4. Thanks for your encouragement. I wish that you would learn something from my blog
    sagame
    sagame66
    sagame77
    sagame88

    ReplyDelete
  5. NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Kami hadir dengan 12 Game Paling Hot & POPULER
    (Poker, Bandar Poker , BandarQ, DominoQQ , AduQ ,Bandar66 , SAKONG , Capsa susun , Perang Baccarat , perang dadu , BDQQ, Adu Sakong )
    Customer Service Kami Melayani 24 jam Nonstop !!!
    No BOT !!! Player vs Player !!!
    Hanya Di NAGAQQ

    Contact us :
    Link : nagaqqpro,net
    WHATSAPP : +62 87833350051

    ReplyDelete

Subscribe