Menanti senja di Gunung Api Purba Nglanggeran

January 06, 2018

Suasana senja di atas Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu dari beragam obyek wisata alam yang tergabung dalam Geopark Gunung Sewu. Terbentang mulai dari Kabupaten Gunung Kidul, Wonogiri, hingga Kabupaten Pacitan. Disebut Gunung api purba dikarenakan dahulunya merupakan gunung api aktif yang terbentuk sekitar 60-70 juta tahun yang lalu. Obyek wisata ini secara administratif terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Desa nglanggeran sendiri merupakan sebuah desa wisata yang terdiri dari beberapa destinasi seperti Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, dan Air Terjun Kedung Kandang. Lokasi desa wisata ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu destinasi liburan ketika berada di Yogyakarta. Fasilitas yang ada tergolong sangat lengkap mulai dari homestay, kamar mandi, mushola, pendopo, camping ground, dan beberapa rute tracking menuju puncak. Lokasi ini banyak dijadikan pilihan oleh komunitas maupun para pelajar Yogyakarta untuk kegiatan makrab, outbond, gathering, maupun camping.

Berfoto bersama dengan pemandangan bukit hijau dari ketinggian
Aksesibilitas :
Obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dan Desa Wisata Nglanggeran dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Kawasan parkir cukup luas dan terbagi dalam beberapa titik untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pengunjung ketika musim liburan tiba. Kondisi jalan sudah sangat baik, namun tetap harus hati-hati dikarenakan jalan menanjak dan berkelok-kelok.

Pemandangan dari salah satu pos di Gunung Api Purba Nglanggeran
Rute menuju lokasi (dari Jogja) : 
Kota Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Bintang – Pertigaan pathuk (Radio GCD FM) – Ambil arah kiri – Jalan Ngoro-oro ombo – Ikuti papan petunjuk – Gunung Api Purba Nglanggeran

Kota Jogja – Jalan Wonosari – Pertigaan Pasar Piyungan (kiri) – Jalan Prambanan Piyungan – Perempatan Balai Desa Srimartani (ambil kanan) – Jalan Piyungan Ngoro oro – Lurus ikuti papan petunjuk -  Gunung Api Purba Nglanggeran

Berfoto dengan latar belakang perbukitan hijau

Waktu terbaik untuk berkunjung :
Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran. Pemandangan sunrise maupun sunset di obyek wisata ini sangat indah untuk dinikmati. Pengunjung juga dapat bermalam di camping ground menggunakan tenda untuk selanjutnya tracking menuju puncak dan menikmati sunrise pada pagi hari.

Spot wisata terdekat lainnya :

Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang, Puncak Ngekong

You Might Also Like

5 komentar

Subscribe