Nyore ke Bukit Mbucu #2

September 12, 2015




Sore memang selalu menarik untuk dinikmati. Di tengah hiruk-pikuk kota Jogja yang semakin padat, keluar dari pusat kota dan sejenak menikmati tenangnya suasana sore merupakan pilihan yang sangat tepat. Beberapa lokasi wisata di sekitaran kota jogja mungkin saat ini sudah sangat ramai pada sore hari. Jika yang dicari adalah suasana sepi, tenang, sejuk, dan hamparan hijau dari ketinggian, maka tidak salah untuk memilih Bukit Mbucu yang terletak di Dusun Pagergunung II, Desa Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Selengkapnya mengenai Bukit Mbucu dapat dibaca di artikel sebelumnya di "Bukit Mbucu, Piyungan, Bantul".

pemandangan saat tracking

Sudah tiga kali saya mengunjungi tempat ini. Kali ini saya memilih rute yang berbeda dari rute sebelumnya. Rute yang saya pilih adalah :
Jalan Wonosari – Kids Fun – Perempatan setelah Kids Fun (ambil kanan/selatan) – Jembatan dua yang bercabang (ambil kiri/timur) – pertigaan yang ada tugu dan gapura “pager gunung” (ambil kanan/selatan), naik – lurus sampai rumah terakhir kanan jalan (timur) – Parkir – Tracking – Bukit Mbucu.


perbatasan jalan aspal menuju jalur tracking
Dibandingkan dengan rute sebelumnya, rute kali ini ternyata lebih mudah dan kondisi jalannya lebih bagus. Jika ingin berkunjung ke Bukit Mbucu, saya sarankan untuk memilih rute ini. Ketika saya tiba di beberapa rumah terakhir sebelum melanjutkan tracking, ternyata sudah banyak rumah menyedikan lahan parkir bagi para wisatawan yang akan menuju Bukit Mbucu. Saya pun memarkir kendaraan di rumah warga yang paling ujung. Sejenak saya mencoba berbincang dengan ibu si pemilik rumah. Berdasarkan penuturannya, Bukit Mbucu saat ini sudah sangat ramai pengunjung terutama pada akhir pekan. Biasanya para wisatawan bermalam di atas dan menitipkan kendaraannya di lokasi warga. Hal ini memberikan dampak positif bagi para warga berupa pemasukan dari lahan parkir yang disediakan pada tiap rumah.


senja di atas Bukit Mbucu

Bukit Mbucu memang sangat cocok untuk dijadikan semacam area camping gound mini. Sayangnya, belum ada inisiatif dan perhatian khusus dari para warga sekitar untuk mengelolanya menjadi obyek wisata yang dapat memberikan pemasukan bagi pendapatan masyarakat sekitar. Beberapa waktu lalu ketika saya mengunjungi lokasi ini, memang sudah terdapat semacam papan petunjuk di jalur tracking. Namun saat ini sudah rusak dan kurang terawat. Bagi mereka yang ingin mencari alternatif menikmati sore dan sunset di wilayah Bantul, mungkin lokasi ini tidak ada salahnya untuk di coba. Selain itu, Bukit Mbucu juga cocok dijadikan lokasi camping atau acara semacam malam keakraban.

You Might Also Like

1 komentar

Subscribe