Menara Mercusuar Pantai Pandansari

January 23, 2013


Memandang lautan luas dan hamparan pepohonan cemara udang dari atas ketinggian, dengan suasana lagit yang mulai berwarna kemerahan. Mungkin itu suasana yang dapat digambarkan ketika kita berdiri di atas menara mercusuar yang berada di obyek wisata Pantai Pandansari, Bantul. Terletak beredekatan dengan Pantai Kuwaru, Pantai Pandansimo, dan juga Pantai Goa Cemara, lokasi Pantai Pandansari ini dapat dicapai sekitar 40 menit dari pusat kota jogja. Cukup mengambil arah jalan bantul, dan mengikuti jalan tersebut hingga sampai di perempatan Palbapang. Setelah sampai di perempatan Palbapang, dapat dibagi menjadi dua jalur untuk menuju pantai Pandansari. Yang pertama, tetap lurus menuju arah selatan hingga menjumpai papan penunjuk jalan bertuliskan “Pantai Goa cemara”, kemudian menuju arah tersebut hingga terlihat menara mercusuar dari kejauhan. Pantai Pandansari terletak di samping pantai Goa Cemara tersebut. Yang kedua, dari perempatan Palbapang ambil kanan kemudian mengikuti jalan hingga menjumpai papan petunjuk jalan bertuliskan “Pantai Kuwaru” maupun pantai “Pandansimo”. Setelah itu tinggal mengikuti arah tersebut hingga menjumpai menara mercusuar dari kejauhan. Memang agak sulit karena tidak terdapat papan maupun tulisan yang menunjukkan nama Pantai Pandansari di pintu masuk. Satu-satunya cara yang paling mudah yaitu dengan berpatokan pada menara mercusuar yang sudah terlihat dari kejauhan tadi.


Sore itu saya tiba di Pantai Pandansari sekitar pukul 17.25 dan langsung menuju menara mercusuar tanpa ditarik biaya retribusi. Setibanya di menara mercusuar, saya dikenai biaya kebersihan sebesar 3 ribu rupiah untuk dapat masuk ke menara tersebut. Dan akhirnya, saya dapat berdiri di atas menara mercusuar. Sepanjang mata memandang, terlihan hamparan laut yang luas. Disekitar pantai, terlihat barisan pohon cemara udang yang berfungsi sebagai wind break dan juga tanaman agroforestry para penduduk sekitar kawasan pantai. Namun sayang, cuaca sangat mendung sehingga sunset tidak terlihat jelas. Semoga lain kali dapat menjumpai sunset yang indah di atas menara mercusuar ini.












You Might Also Like

4 komentar

  1. Woalah sekarang naik situ bayar to...
    pantesan terakhir dari sana aku dimarahi petugas.. mungkin petugasnya mau minta duit ke aku gak enak, eh akhire cuma marah2..

    Pekok tenan

    ReplyDelete
  2. iyo, mbayar sekarang. katanya biaya kebersihan. :) tapi lumayan sekarang fasilitasnya. bangunan jg udah bagus. piye kabar? hehe

    ReplyDelete
  3. oooo bayar to,,
    brapa man?
    aku mikirnya malah g blh naik,,,hahahahah

    ReplyDelete

Subscribe