Puncak Becici, Muntuk, Dlingo, Bantul

April 23, 2015

Glingo Bantul

Awal Desember tahun lalu, saya sudah dua kali mengunjungi obyek wisata Puncak Becici ini. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kebun buah mangunan dan hutan pinus, memungkinkan saya untuk dapat mengunjungi tiga obyek wisata sekaligus. Awalnya, saya hanya melihat papan bertuliskan “puncak becici” ketika saya melewati hutan pinus. Karena penasaran, akhirnya saya mengikuti papan petujuk tersebut hingga sampailah ke Puncak Becici.

Puncak Becici merupakan salah satu obyek wisata alam yang menawarkan pemandangan indah dari atas ketinggian. Para wisatawan dapat menikmati sejuknya pepohonan pinus yang dipadukan dengan pemandangan pedesaan dari atas bukit. Ketika berada di puncak ini, kita akan dimanjakan dengan hijaunya perbukitan di wilayah Bantul dan sekitarnya dengan pandangan yang sangat luas dan terbuka.

Puncak Becici terletak di kawasan Hutan Lindung RPH Mangunan. Secara administratif, terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Obyek wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Pembangunan infrastruktur berupa lokasi parkir, papan petunjuk, dan bangunan semi permanen pun dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat sekitar. Letaknya berada di dalam kawasan Hutan Lindung, sehingga pembangunan infrastruktur tidak dapat dilakukan secara menyeluruh seperti obyek wisata pada umumnya.

Pemandangan dari sisi timur bukit

Menjelang malam di Becici
Aksesibilitas :
Obyek wisata ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun ketika menggunakan mobil, kita tidak dapat masuk dan parkir di lokasi yang sudah disediakan di dalam area hutan pinus. Setelah tiba di kawasan hutan pinus becici, dilanjutkan dengan berjalan menuju puncak bukit becici sekitar 300 meter dari tempat parkir.

Rute menuju lokasi (dari jogja) :
Jogja – Jalan Imogiri Timur – Pasar Imogiri – Arah menuju Kebun Buah Mangunan – Pertigaan (ambil kiri menuju Hutan Pinus – Melewati Hutan Pinus – Pertigaan pertama ambil kiri (ada papan petunjuk ke Becici) – Pertigaan kedua, ambil kiri (ada papan petunjuk ke Becici) – Lurus terus (agak jauh) – Becici

Waktu terbaik untuk berkunjung :
Sore hari merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke obyek wisata ini. Pemandangan sunset dari Puncak Bukit Becici ini tergolong cukup istimewa menurut saya. Sembari menunggu matahari turun, kita dapat menikmati hijaunya perbukitan dan Kota Bantul dari kejauhan. Menjelang senja, matahari yang perlahan turun hingga menghilang di balik pebukitan akan membuat kita terpesona dan bergegas untuk mengabadikan momen tersebut. Menjelang maghrib, gemerlap lampu-lampu mulai bermunculan dari kejauhan menambah suasana menjadi semakin menarik. Apabila pengunjung ingin menikmati sunset hingga pemandangan malam, jangan lupa untuk membawa alat bantu penerangan.

Spot wisata terdekat lainnya :
Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan

Puncak Bukit Becici

You Might Also Like

11 komentar

  1. bisa dicoba nih, nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo. semoga bisa membantu ya. terima kasih :)

      Delete
  2. Kalau boleh tau berapa km jarak nya ya dari kota jogja?terima kasih

    ReplyDelete
  3. Muter jauh gan kalo lewat Mangunan... Paling cepet via Kecamatan Banguntapan.. Paling enak via Bukit Bintang, tapi agak jauh dikit... CMIIW

    MENGGAPAI ANGKASA

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul mas. tinggal mau dari mana berangkatnya. kalau dari wonosari, dekat lewat patuk-dlingo

      Delete
  4. Keren sekali informasinya, Terimakasih Gan
    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete

Subscribe