Waduk Mini Kleco, Girimulyo, Kulon Progo

April 26, 2015


Akhir Januari lalu, saya berkunjung ke obyek wisata Waduk Mini Kleco. Disebut waduk mini karena sebenarnya ini merupakan embung seperti halnya embung nglanggeran, batara sriten, ataupun banjaroya. Saya berkunjung ke Waduk Mini Kleco ini pada sore hari sekitar pukul 16.00. Suasananya masih belum terlalu ramai karena masih dalam proses pembangunan tahap akhir.



Waduk Mini Kleco, secara administratif terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Obyek wisata ini menawarkan hijaunya pemandangan perbukitan di Kulon Progo yang dapak kita nikmati dari atas embung. Meskipun tidak terlalu luas, namun obyek wisata ini dapat dijadikan alternatif bagi para wisatawan yang ingin menikmati hijaunya Kabupaten Kulon Progo di pagi ataupun sore hari. Infrastruktur di sini tergolong belum lengkap ketika saya berkunjung. Hal ini dikarenakan obyek wisata masih dalam tahap pembangunan. Beberapa sarana yang sudah ada diantaranya tempat parkir sepeda motor, kamar mandi, dan mushola sementara.


bentuk waduk mini kleco
Aksesibilitas :
Ketika saya berkunjung ke sana, obyek wisata ini hanya dapat di jangkau menggunakan kendaraan roda dua saja. Hal ini karena kondisi jalan yang masih sempit ketika akan masuk menuju obyek wisata. Bagi wisatawan yang ingin menggunakan mobil, mungkin bisa memarkirkan kendaraannya di tepi jalan raya ataupun pekarangan penduduk apabila masih belum terdapat sarana parkir khusus mobil. Kondisi jalan menuju obyek wisata ini seperti halnya daerah dataran tinggi di Kulon Progo lainnya, naik turun dan berkelok-kelok.


Rute menuju lokasi (dari Jogja) :
Perempatan ring road (Demak ijo) – Jalan Godean – Masuk Kab. Kulon Progo – Perempatan Kenteng Nanggulan (ambil kiri) – Pertigaan Janti (ambil kanan arah girimulyo, lihat papan petunjuk jalan) – Pasar Sribit – Pertigaan (Ambil kiri, ke arah Polsek Girimulyo) – Posekdes Girimulyo (lurus ikuti alur jalan) – Jalan mulai menanjak – Tugu Batu di tikungan (ambil kiri masuk gang, lihat papan petunjuk waduk mini kleco) – ikuti jalan setapak – ambil kanan (naik) di pertigaan pertama – Waduk Mini Kleco.



penataan tanaman yang menambah kesan unik
Waktu terbaik untuk berkunjung :
Sore hari dan pagi hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung. Pengunjung dapat menikmati suasana sore sembari menunggu matahari tebenam di obyek wisata ini, meskipun matahari akan terhalang oleh bukit. Lampu pedesaan, kota wates, dan sekitarnya akan menambah kesan indah ketika matahari mulai terbenam. Untuk pengunjung yang ingin menikmati sunrise, lokasi ini sangat cocok dipilih. Ketika cuaca cerah kita dapat meihat beberapa gunung seperti merapi merbabu dan lainnya, seperti halnya di suroloyo maupun di puncak kendeng.


Spot wisata terdekat lainnya :
Grojogan Sewu, Curug Setawing, Goa Kiskendo, Goa Sumitro

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe