WISATA 7 PANTAI (GUNUNGKIDUL)

January 06, 2013

Baron-Kukup-Sepanjang-Krakal-Sundak-Siung-Wediombo


Kalau kita bicara tentang wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul memang sangat menarik dan banyak sekali jumlahnya. Seperti yang kita ketahui, ODTWA pantai juga merupakan salah satu wisata andalan yang sangat dikembangkan oleh pemerintah daerah Gunung Kidul. Beberapa pantai yang ada memang memiliki ciri khas lanskap masing yang menjadi andalan dan pembeda. Namun, banyak juga pantai yang memiliki kesamaan. Satu minggu yang lalu, saya bersama beberapa teman saya berwisata mengunjungi 7 pantai yang ada di Gunung Kidul.

1.       Baron
Merupakan salah satu tujuan wisata keluarga dan sejak dulu telah menjadi obyek wisata pantai yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, jauh sebelum menjamurnya berbagai pantai baru di kawasan Gunung Kidul. Dari segi pemandangan memang tidak terlalu menonjol seperti pantai yang lain. Namun di sini sangai ramai ketika hari libur, dan menjadi tujuan utama wisata keluarga. Disini dapat dijumpai air payau karena terdapat muara sungai yang jelas di sudut pantai.

air payau

suasana pantai baron 

ramai pengunjung


2.       Kukup
Kalau boleh saya bilang, pantai kukup ini adalah “Tanah Lot” nya Yogyakarta. Merupakan pantai pasir putih yang dikelilingi tebing cukup indah disekitarnya. Terdapat bangunan semacam gardu pandang diatas tebing yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. Obyek ini juga salah satu dari beberapa obyek wisata pantai andalan sejak dahulu.

pantai kukup


pemandangan dari atas tebing

suasana pantai

area konservasi rumput laut



3.       Sepanjang
Pantai pasir putih yang satu ini memang tidak terlalu terkenal seperti pantai yang lain. Dari segi lanskap, tidak ada daya tarik khas yang menonjol di pantai ini. Tapi bagi yang ingin suasana tidak terlalu ramai, pantai ini bisa menjadi alternatif.

suasana pantai sepanjang


4.       Krakal
Merupakan satu dari beberapa wisata pantai andalan yang dikembangkan sejak dahulu. Lanskap yang membedakan di sini adalah hamparan krakal cukup panjang yang dapat dijumpai di bibir pantai hingga tengah pantai. Di hari libur, pantai ini masih cukup ramai dikunjungi para wisatawan.

pantai krakal

suasana pantai

pemandangan dari atas bukit

bebatuan

5.       Sundak
Menurut saya, pantai ini merupakan pantai dengan pasir putih yang paling bagus di antara yang lainnya. Tekstur pasir di sini sangat bersih dan halus dibandingkan pantai yang lain. Jika dibandingkan dengan pantai disekitarnya ( Indrayanti, Drini, dll ) yang memiliki kesamaan lanskap, menurut saya pantai ini yang paling bagus. Pemandangannya cukup indah dengan tebing di kanan kiri dan balutan pasir putih yang sangat halus dan bersih.

pintu masuk

suasana pantai

pasir putih yang bersih
6.       Siung
Keindahan yang ditawarkan dan menjadi andalan di pantai siung ini adalah formasi tebingnya yang sangat indah dan menjadi pembeda dari pantai yang lain. Pantai ini juga menjadi salah satu pantai favorit bagi para pecinta olahraga panjat tebing. Di pojokan pantai, terdapat bukit yang biasanya digunakan para wisatawan untuk berfoto dan menikmati pantai dari atas.

pemandangan dari atas bukit

bebatuan 

suasana pantai


7.       Wediombo
Jaraknya memang tergolong cukup jauh dibanding pantai lainnya dan sudah berdekatan dengan wilayah kabupaten lain (wonogiri). Pemandangan di pantai ini masih di dominasi oleh pasir putih, bebatuan dan tebing. Namun yang saya suka dari pantai ini adalah suasananya yang tenang dan cocok untuk menikmati sunset. Kawasan pantai masih tergolong sangat bersih jika dibanding dengan yang lainnya. Namun, dari segi fasilitas memang tidak terlalu lengkap. Belum ada listrik dan penerangan di wilayah pantai. Selain itu, warung di sekitar juga mulai tutup menjelang sore hari dan bisa dipastikan akan sangat gelap gulita. Sinyal di sini juga tergolong sangat buruk untuk berbagai macam provider. Tapi  untuk mendapatkan keindahan yang ada, berbagai hal diatas tidak menjadi suatu masalah. Selamat berwisata...










You Might Also Like

0 komentar

Subscribe