Menikmati puncak tertinggi Kulon Progo ( Suroloyo )

March 13, 2012


       


Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di kecamatan Samigaluh (bagian utara dari kabupaten kulonprogo). Daerah ini didominasi oleh perbukitan yang juga merupakan bagian dari perbukitan Menoreh. Pada bulan-bulan tertentu, sering digelar upacara tradisional oleh pihak keraton ngayogyokarto dan masyarakat sekitar. Banyak mitos mengenai puncak suroloyo ini. Selain sebagai tempat bertapa dari Sultan Agung, puncak suroloyo juga diyakini sebagai kiblat pancering bumi (pusat dari empat penjuru mata angin) di tanah jawa. Masyarakat sekitar percaya bahwa puncak ini adalah pertemuan dua garis yang ditarik dari utara ke selatan, dan dari barat ke timur pulau jawa (Yogyes.com)


Sebenarnya cukup banyak obyek wisata yang di tawarkan di kecamatan samigaluh ini mulai dari mata air, goa sriti, pertapaan, dll. Salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi para wisatawan adalah gardu pandang. Dari gardu pandang ini, kita dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa indahnya. Sepanjang mata memandang, anda akan dimanjakan oleh hijaunya perbukitan menoreh. Selain itu, kita juga dapat memandang kota magelang dan juga jogja dari kejauhan. Candi borobudur pun tak luput dari jangkauan mata kita. Jika cuaca sangat cerah, kita dapat menyaksikan langsung 4 gunung sekaligus yang berjajar di depan mata kita. Diantaranya adalah gunung merapi, merbabu, sindoro, dan sumbing.

Sudah tiga kali saya berwisata ke lokasi gardu pandang ini. Dan yang terakhir kemarin, saya sempatkan untuk bermalam bersama teman-teman saya di gardu pandang. Tidak sia-sia memang. Ketika malam, pemandangan dari gardu pandang ini pun tidak berkurang keindahannya. Anda akan dimanjakan oleh gemerlap lampu dari kota magelang dan jogja, mirip ketika kita sedang berwisata malam ke bukit pathuk, Gunung Kidul atau yang biasa disebut bukit bintang. Bahkan pemandangan malam di gardu pandang Suroloyo ini lebih menakjub dan lebih gemerlap dibanding bukit bintang.


       Untuk menuju ke obyek wisata gardu pandang ini, jalan yang ditempuh memang cukup terjal dan berkelok-kelok. Kondisi jalan yang tidak terawat dan rusak juga cukup menyulitkan kendaraan untuk mengakses lokasi ini. So, buat yang hendak berwisata ke gardu pandang suroloyo, saya sarankan untuk menggunakan kendaraan yang memang sehat dan layak jalan. Buat teman-teman yang belum pernah berwisata ke lokasi ini, tidak ada salahnya untuk di coba...



You Might Also Like

2 komentar

Subscribe