Bukit Mbucu, Piyungan, Bantul

May 21, 2015


Berhubung sudah lama tidak menikmati sore dan sunset di atas bukit, akhirnya sore kemarin saya memutuskan untuk jalan-jalan ke Bukit Mbucu. Sebenarnya sudah beberapa bulan yang lalu saya ingin ke lokasi ini, tapi baru terealisasi sekarang. Kenapa pilih Mbucu? Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Jogja.

Bukit Mbucu menawarkan pemandangan sore yang sangat menawan. Ketika tiba di atas bukit, kita akan disuguhi hijaunya sawah dan pedesaan yang membentang luas di kejauhan. Lokasi ini sangat cocok untuk menikmati suasana sore dan juga sunset. Ketika cuaca sedang cerah, matahari akan tepat berada di tengah bukit dan kita dapat menikmatinya sembari bercengkrama dengan teman atau keluarga. Setelah matahari tengelam, gemerlap lampu-lampu kota yang perlahan mulai bersinar akan membuat anda urung untuk beranjak pulang dari tempat ini. Bagi anda yang ingin menginap dan mendirikan tenda, tersedia area camping ground di lokasi ini. Bahkan anda pun dapat mendirikan tenda di atas bukit karena lokasinya sangat landai. Sehingga ketika malam tiba, anda dapat  menjumpai pemandangan persis seperti di Bukit Bintang (jalan wonosari) dengan suasana yang lebih tenang.

Suasana malam di Bukit Mbucu

Bukit Mbucu secara administratif terletak di Dusun Pagergunung II, Desa Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Lokasi ini nampaknya memang diproyeksikan sebagai lokasi berkemah/camping layaknya bumi perkemahan namun dengan skala kecil. Lokasi ini juga sering dijadikan pilihan untuk kegiatan malam keakraban (makrab). Dari segi pengelolaan, lokasi ini memang tergolong belum maksimal. Meskipun sudah tersedia papan petunjuk arah, papan peringatan, dan lokasi parkir, namun belum ada penjagaan dari pihak pengelola secara rutin. Tidak heran jika banyak wisatawan yang bingung ketika akan memarkirkan kendaraannya sebelum melanjutkan tracking menuju ke atas bukit.

aksi bermain salah satu wisatawan

anak-anak sedang menikmati suasana sore di Bukit Mbucu


Aksesibilitas :
Berdasarkan jalan yang saya lalui, obyek wisata ini hanya dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua. Kondisi jalan setelah masuk wilayah desa memang cenderung menanjak dan berkelok-kelok. Ketika mulai menanjak, kita akan menjumpai jalan semen cor dan berbatu. Setelah mendekati lokasi, kita akan melewati jalan setapak berbatu. Setibanya di lokasi parkir, perjalanan dilanjutkan dengan tracking 5-10 menit. Ketika memarkirkan kendaraan, saya sarankan agar para wisatawan lebih berhati-hati dan waspada. Hal ini dikarenakan belum adanya penjagaan dari pihak pengelola. Kegiatan penjagaan hanya dilakukan ketika sedang ada kegiatan perkemahan/ malam keakraban.

Rute menuju lokasi (dari Jogja) :
1.   Jalan Wonosari – Kids Fun – Perempatan setelah Kids Fun (ambil kanan/selatan) – Dusun Banyakan – Gedung Serba Guna (kiri jalan) – masih lurus sekitar 300 meter – Setelah tikungan, ada petigaan kecil, ambil arah kiri, masuk – petigaan lagi (ambil kiri) – jalan turun melewati sawah – jalan menanjak – pertigaan tepat di tanjakan, ambil kiri (lihat papan petunjuk bukit mbucu)  – ikuti jalan setapak berkelok naik turun dan papan petunjuk –  Parkir – Tracking – Bukit Mbucu.

2.   Jalan Wonosari – Kids Fun – Perempatan setelah Kids Fun (ambil kanan/selatan) – Jembatan dua yang bercabang (ambil kiri/timur) – pertigaan yang ada tugunya (ambil kanan/selatan), naik – lurus sampai rumah terakhir kanan jalan (timur) – Parkir – Tracking – Bukit Mbucu.
  
3.     Koordinat : Latitude (7°51'41.75"S) Longitude (110°26'34.93"E)
  
Waktu terbaik untuk berkunjung :
Sore dan pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk berkunjung ke lokasi ini. Ketika tiba sore hari, para wisatawan dapat menikmati sunset, menikmati pemandangan kota jogja di malam hari, ataupun camping. Ketika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi akan terlihat gagah di sebelah kanan (utara) bukit bepadu dengan hijaunya sawah, pedesaan, dan gemerlap kota. Jika berkunjung pada pagi hari, para wisatawan dapat menikmati sejuknya udara pedesaan, sawah, dan kabut tipis yang menambah suasana damai di atas bukit.  

Spot wisata terdekat lainnya :

Curug Tuondo Dusun Banyakan

sesaat setelah matahari terbenam

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe