Embung Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo

May 05, 2015


Perjalanan menuju Embung Banjaroya saya lakukan berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo dan juga Puncak Kendeng terlebih dahulu. Saya tiba di obyek wisata ini sekitar pukul 11 siang dengan kondisi cuaca yang sangat panas.

Embung Banjaroya merupakan salah satu dari beberapa embung yang akhir-akhir ini mulai banyak dijumpai di Yogyakarta. Secara administratif, Embung Banjaroya terletak di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten KulonProgo. Tidak jauh berbeda dengan Waduk Mini “Kleco”, obyek wisata Embung Banjaroya ini juga menawarkan hijaunya pemandangan perbukitan menoreh. Ketika cuaca sedang cerah, kita dapat menyaksikan Gunung Merapi dan Merbabu yang berdiri gagah di kejauhan. Dibandingkan dengan embung lainnya, obyek wisata Embung Bajaroya ini luasan kawasannya tergolong paling kecil. Landmark yang dibangun dan ingin ditunjukkan kepada wisatawan berupa replika buah durian besar terbuat dari semen yang dapat kita jumpai ketika masuk ke kawasan embung. Replika ini menunjukkan bahwa Kalibawang merupakan salah satu sentra buah durian terbaik di perbukitan menoreh. Ketika musim durian tiba, sering diadakan festival durian di daerah Kalibawang ini.

Replika Buah Durian

Aksesibilitas :
Obyek wisata ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah melewati jalan kalibawang – magelang dan masuk ke dalam, kondisi jalan mulai naik turun dan tidak terlalu lebar namun masih dalam batas nomal/aman.

Rute menuju lokasi (dari Jogja) :
Jalan Godean – Jembatan sungai progo – Perempatan Kenteng (ambil kanan arah Kalibawang) – Lampu Merah Perempatan Tugu Dekso (lurus) – Jalan Kalibawang Magelang – Rest Area Pasar Bendo, Dusun Potronalan (kiri jalan), masuk – ikuti jalan, lurus – Embung Banjaroya.

Waktu terbaik untuk berkunjung :
Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk berkunjung. Para wisatawan dapat menikmati sunrise maupun suasana sore yang cukup menarik di kawasan ini jika cuaca sedang cerah. Background berupa Gunung Merapi dan Merbabu akan menambah suasana pagi dan sunrise di kawasan ini semakin indah. Saya sarankan jangan berkunjung pada tengah hari. Hal ini karena embung sangat terbuka, sedikit pepohonan, dan hanya terdapat satu gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh.

Spot wisata terdekat lainnya :
Gardu Pandang Puncak Suroloyo dan Sendangsono

Beberapa wisatawan pada siang hari

Suasana siang di Embung Banjaroya



You Might Also Like

0 komentar

Subscribe