Kedung Pedut, Girimulyo, Kulon Progo

May 10, 2015



Melanjutkan misi bermain air sebelumnya, sabtu kemarin saya bersama teman-teman saya kembali mencari curug/ air terjun. Kali ini kami memutuskan untuk mengunjungi curug di daerah Girimulyo, Kulon Progo. Di daerah ini terdapat banyak sekali curug yang berdekatan satu sama lain diantaranya adalah grojogan sewu, curug setawing, taman mudal, kembang soka, dan kedung pedut. Karena tujuan kami ingin berenang dan bermain air, maka kami memilih curug yang memiliki landscape semacam kolam di bawahnya agar kami leluasa berenang. Pilihan kami akhirnya jatuh pada curug Kedung Pedut.


beberapa wisatawan bermain air



Kedung Pedut
Kedung Pedut merupakan salah satu dari beberapa curug yang berada di Kecamatan Girimulyo. Secara administratif, obyek wisata ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Berdasarkan penuturan warga setempat, obyek wisata ini sebenarnya sudah cukup lama ada. Namun, pengelolaan secara serius dan pembangunan infrastruktur secara swadaya di sekitar kawasan wisata baru dilakukan Januari 2015 kemarin. Lokasi parkir, toilet, tempat ibadah, warung-warung, papan petunjuk, jalan setapak, tangga, dan penyewaan pelampung merupakan beberapa fasilitas baru yang menurut saya sudah sangat lengkap. Sekedar saran, alangkah lebih baiknya jika para wisatawan membeli jajan/ makanan ringan di warung-warung yang berada di sekitar kawasan wisata daripada membeli di minimarket. Hal ini tidak lain juga untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.




Ketika tiba di Kedung Pedut, para wisatawan akan dimanjakan dengan suasana khas pedesaan di perbukitan menoreh. Setelah tiba di lokasi parkir, perjalanan dilanjutkan dengan meyusuri jalan setapak naik turun sekitar 10 menit. Udara segar, rimbunnya pepohonanan, dan suara gemercik air akan menemani perjalanan para wisatawan hingga tiba di lokasi curug. Terdapat banyak warung di kanan kiri jalan setapak yang menyediakan jajanan tradisional seperti legen, geblek, tempe benguk, dan aneka gorengan. Setibanya di curug, pandangan kita akan dimanjakan dengan jernihnya air pegunungan dan beberapa kolam betingkat yang tentu sangat menggoda untuk bermain air. Berdasarkan informasi warga, air di Kedung Pedut ini ternyata masih satu aliran dengan taman mudal dan kembang soka yang berada di atasnya. 


salah satu dari beberapa kolam lain



beberapa fasilitas di kawasan wisata

Aksesibilitas :
Obyek wisata ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun saya sarankan untuk menggunakan roda dua. Hal ini karena jalan mendekati kawasan akan semakin kecil dan naik turun meskipun sudah beraspal. Jika ingin menggunakan kendaraan roda empat, pastikan driver sudah berpengalaman dan terbiasa dengan jalanan yang naik turun.

Rute menuju lokasi (dari jogja) :
Jogja – Jalan Godean  - Pasar Godean – Melewati sungai Progo – Perempatan Kenteng (ambil kiri) – Pertigaan (ambil kanan, arah pasar sribit) – Pertigaan pohon beringin (ambil kanan arah goa kiskendo) – Pertigaan Pasar Sribit (ambil kanan arah goa kiskendo) – Pertigaan Gendu (ambil arah goa kiskendo) – Lurus ambil arah ke Goa Kiskendo – Pertigaan setelah Goa Kiskendo ambil Kiri – Pertigaan Hutan pinus (ambil kiri, lihat papan petunjuk) – Melewati air terjun Kembang Soka – Pertigaan setelah kembang soka ambil kiri (jalan turun) – Lurus ikuti jalan – Kedung Pedut (kiri jalan)

Waktu terbaik untuk berkunjung :
Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik mengunjungi obyek wisata ini. Ketika akhir pekan, obyek wisata ini akan ramai mulai pukul 10.00 hingga sore hari. Kami memilih pagi hari untuk mengunjungi obyek wisata ini karena suasananya yang masih segar dan tentunya masih sepi.

Spot wisata terdekat lainnya :

Air terjun/curug Kembang Soka dan Taman Mudal

papan di lokasi parkir

You Might Also Like

1 komentar

  1. hitz banget,sering juga liat orang posting poto ditempat ini
    tourjogja

    ReplyDelete

Subscribe