Jalan-jalan ke Pacitan? belum sah kalau belum mampir ke Pantai Klayar

November 18, 2017


Ketika mendengar kata "Pacitan", hal pertama yang kita ingat pastilah goa dan pantainya. Ya, Pacitan memang terkenal dengan obyek wisata goa dan pantai nya yang sudah tersohor hingga se-antero raya. Salah satu destinasi wisata pantai yang wajib di kunjungi bila sedang singgah di Kabupaten Pacitan adalah Pantai Klayar. Secara administratif, Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan keindahan hamparan pasir putih dan bebatuan karst yang ada di sekeliling pantai. Luas nya bibir pantai berpasir putih membuat wisatawan sangat leluasa untuk bermain di sepanjang pantai. Pantai Klayar memang menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kabupaten Pacitan. Tak heran jika infrastruktur dan fasilitas di obyek wisata ini tergolong sangat lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, tempat beribadah, kamar mandi, rumah makan, hingga penginapan pun sudah tersedia di obyek wisata ini. Tiket masuk ke kawasan wisata ini sebesar Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 5.000,- untuk anak-anak.

Lokasi seruling samudera di ujung pantai klayar
Salah satu hal menarik di Pantai Klayar ini adalah adanya "Seruling Samudra". Disebut seruling samudra karena adanya gesekan dari ombak (air laut dan angin) yang masuk ke celah-celah lubang batuan karst menimbulkan bunyi mirip seperti bunyi seruling. Air laut tersebut kemudian menyembur ke atas melalui lubang yang ada di bawah batuan. Fenomena inilah yang lantas menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berfoto dan bermain air di sekitar Seruling Samudra.

Aksesibilitas :
Aksesibilitas menuju kawasan wisata Pantai Klayar tergolong sudah sangat bagus. Pembangunan dan perbaikan jalan terus dilakukan demi mempermudah para wisatawan. Kondisi jalan sudah beraspal dan lebar, dapat dilalui kendaraan roda 4 baik minibus maupun bus pariwisata. Menjelang akhir pekan ataupun hari libur nasional, pantai klayar pasti dibanjiri oleh para wisatawan dari dalam maupun luar Kabupaten Pacitan. Tak jarang terjadi kemacetan cukup panjang di sepanjang jalan menuju kawasan pantai.

Bibir pantai yang luas dan batuan menjulang tinggi menambah keindahan pantai
Rute menuju lokasi :
Karena obyek wisata ini sudah sangat terkenal, tidak sulit untuk sekedar mencapai lokasi pantai. Para wisatawan yang sudah memasuki wilayah Kabupaten Pacitan hanya perlu mengikuti papan petunjuk arah yang sudah dibuat oleh Dishub & LLAJ Jatim di sepanjang jalan.

Papan petunjuk menuju obyek wisata di Kabupaten Pacitan
Waktu terbaik untuk berkunjung :
Waktu terbaik untuk berkunjung di obyek wisata ini tentulah pada pagi dan sore hari. selain dapat menikmati indah nya suasana pagi dan sunset, suasana pantai juga belum terlalu panas seperti ketika siang hari. banyak aktifitas yang dapat kita lakukan di pantai klayar ini, mulai dari bermain air, bermain bola di tepi pantai, bahkan kita dapat menyewa ATV dan mengendarainya untuk menyusuri bibir pantai.

Fasilitas berupa deretan warung makan dan persewaan ATV
Spot wisata terdekat lainnya :

Pantai Karang Bolong dan Pantai Banyu Tibo (klik, dan baca ulasan nya)

You Might Also Like

2 komentar

Subscribe